Article

Informasi Pengisian Rencana Materi dan Evaluasi Mata Kuliah

  • Created : 2021-08-18 02:30:25
  • Last Updated: 2022-02-16 17:30:00

Sesuai surat Wakil Rektor I No. 5108/UN7.P1/TI/2021 tentang Permohonan pengisian RPS pada aplikasi SIAP dan KULON, RPS Mata Kuliah menjadi syarat untuk melakukan perkuliahan.

Pertanyaan sering ditanyakan

  1. Q: Bagaimana cara mengupload RPS ke SIAP?

    A: RPS yang dimaksud di sini adalah rencana materi dan rencana evaluasi mata kuliah. Upload RPS bisa dengan 2 cara:

    1. Mengisi langsung melalui SIAP
      Mengisi RPS Mata Kuliah satu per satu dapat dilakukan oleh Kaprodi dan Operator Prodi, melalui menu Perkuliahan > Mata Kuliah, kemudian pilih Input Pertemuan dan Bobot.
    2. Kolektif menggunakan Excel
      Dosen/admin prodi/dsb bisa mengisi rencana materi dan evaluasi melalui Excel dengan format yang telah disediakan. Format Excel bisa diunduh di link berikut: Download Template Excel RPS MK (Updated 16 Feb 2022). Setelah terisi, berkas Excel dapat diupload ke SIAP melalui operator prodi atau Kaprodi melalui menu Perkuliahan > Mata Kuliah > Import RPS MK .

  2. Q: Apakah RPS yang dimaksud di sini adalah sama dengan Silabus?
  3. A: Berbeda. Dalam SIAP ada 2 jenis RPS, yaitu RPS Mata Kuliah (Berisi rencana materi dan evaluasi MK), dan RPS Kelas (Silabus).

  4. Q: Mata kuliah Universitas (MKU) tidak muncul di admin prodi, lantas bagaimana cara mengupload RPS nya ke SIAP?

    A: RPS MKU (MK Agama, Bhs Indonesia, Olahraga, dsb) tidak diisikan oleh prodi. RPS MKU kemungkinan diisikan di Universitas, atau akan di-bypass oleh sistem.

  5. Q: Saya mencoba mengisi RPS melalui Excel, tapi saat input kode MK muncul error "This value doesn't match the data validation restriction defined for this cell.". Bagaimana solusinya?

    A: Pengisian RPS melalui Excel diprioritaskan untuk MK kurikulum 2020 (Kurikulum Merdeka), dan MK yang ditawarkan di semester Genap TA 2020/2021 dan semester Gasal TA 2021/2022. Solusi sementara adalah mengisikan RPS langsung ke SIAP melalui admin prodi atau Kaprodi. Jika memang mendesak dan tetap ingin menggunakan Excel, mohon untuk melistkan MK yang tidak terdata dalam Excel, kemudian kirimkan ke tim IT BAIKABP melalui admin/operator prodi/supervisor akademik. Tim IT akan mengirimkan balik Excel yang telah terupdate.

  6. Q: Saya sudah mengirim RPS melalui Excel, apakah saya harus mengisi lagi melalui SIAP?
  7. A: Jika sudah mengirim RPS MK melalui Excel, tim BAA/tim IT akan melakukan import ke SIAP. Dengan demikian tidak perlu mengisikan RPS lagi melalui SIAP.

  8. Q: Saya ada pertanyaan mengenai pengisian RPS, ke siapa saya dapat bertanya?
  9. A: Mohon untuk dikonsultasikan ke supervisor akademik terlebih dahulu. Jika diperlukan, supervisor akademik akan meneruskan pertanyaan ke BAA/tim IT.